teks ceramah

PEMIMPIN

bismillahirrahmanirrohim
assalamu'alaikum wr.wb
Alhamdulilah hilladii ja'alalinsaanu fil ardi kholifah
assholaatu wassalaamu 'alaarasulillah
wa 'alaa aalihi wa sohbihi waman tabi'i hudah (ammaa ba'du)

segala puji bagi Allah yang telah menciptakan manusia sebagai kholifah dimuka bumi ini. shalawat dan salam semoga selalu dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw, kepada keluarganya dan para sahabatnya dan seluruh umatnya

sebagai khalifah, manusia memperoleh amant Allah untuk menyelenggarakan suatu kehidupan yang baik, mengolah alam seisinya agar manusia itu sendiri dapat hidup dengan penuh kebahagiaan yang penuh ridha Allah. Dan Allah yang telah memerintahkan kaum muslimin untuk membina persaudaraan dan kesatuan, melarang perpecahan dan perselisihan. maka dari itu manusia memerlukan adanya sikap dan tanggung jawab yang baik didalam hubungannya dengan sesama hamba Allah.

Dalam hal ini Allah Swt telah berfirman dalam surat Al-Imran Ayat 26
yang Artinya "Katakanlah: 'wahai tuhan yang mempunyai kerajaan, engkau berikan kerajaan kepada orang yang engkau kehendaki dan engkau cabut kerajaan dari orang yang engkau kehendaki, engkau mulyakan orang yang engkau kehendaki dan engkau hinakan orang yang engkau kehendaki. ditangan engkaulah segala kebijakan. sesungguhnya engkau maha kuasa atas segala sesuatu."

Ayat ini bahwasannya kerajaan adalah pemimpin. pemimpin yang mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadapa apa yang dikerjakannya maka pemimpin itu harus adil kepada setiap umatnya, karena seorang pemimpinlah yang dilihat oleh umatnya itu rasa kebersamaan terhadap masyarakat.

Hadrin yang berbahagia
Allah telah menetapkan untuk memuliakan sebagian orang dan menghinakan sebagiannya, menjadikan seorang pemimpin dan sebagian orang biasa (masyarakat). Sebgian menjadi pemuka dan ebagian menjadi orang awam. Itulah sunah Allah yang ada didunia ini.

Kepemimpinan adalah orang yang bertanggung jawab terhadap apa yang dikerjakannya. Dan amanat Allah yang akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Dan barang siapa yang mengerjakannya dengan baik maka Allah akan memperudahkannya akan tetapi sebaliknya jika barang siapa yang mengerjakannya tidak baik dan berkhianat terhadap amanatnya maka Allah akan mempersulit dan membalas dengan kejahatannya.

Hadirin yang berbahagia
Orang-orang yang tidak amanat dalam kepemimpinannya maka tidak sempurna memegang kepemimpinan. Allah telah menyindir kepada orang yang memegang kekuasaan namun kekuasaannya tidak mendatangkan manfaat bagi orang lain. Artinya barang siapa yang tidak banyak mendapatkan kebaikan dan manfaat bagi orang lain jika menduduki kepemimpinan maka ia tidak layak menjadi seorang pemimpin.

Pemimpin bukanlah lahan untuk mencari kekayaan, harta, jabatan dan lin sebagainya. Akan tetapi kepemimpinan adalah amnat yang akan dimintai pertanggugjawabannya dihari kiamat kelak.

Rasulullah Saw bersabda:
Ynag artinya "Masing-masing diantara kalian ini adalah pemimpin dan masing-masing akan dimintai pertanggungjawabannya tentang yang dipimpinnya. seorang imam (pejabat negara) adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggung jawabannya atas yang dipimpinnya, seorang laki-laki adalah pemimpin dirumahnya dan dia akan dimintai pertanggungjawabannya atas yang dipimpinnya dan wanita dirumah suaminya adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban tentang yang dipimpinnya, dan seorang pembantu adalah pemimpin harta majikannya dan dia akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya. (H.R Bukhari)

Hadirin yang berbahagia
Rasulullah telah menjelaskan hadis di atas bahwasannya kita sebagai umat muslim yang dipercayai sebagai pemimpin, jangan sampai kita menghianati kepercayaannya dan harus menjalankan amanat dengan baik. Jangan sampai kita menyalah gunakan wewenang kekuasaan untuk kepentingan-kepentingan pribadi kita sebagai seorang pemimpin harus menjalankan sebaik mungkin yang mana akan dimintai pertanggungjawabannya sebagai pemimpin diakhirat nanti.

Ya Allah, jadikanlah kami di antara manusia yang tidak rakus terhadap kekuasaan, jabatan dan kedudukan. Dan jikalah engkau beri kami kekuasaan, maka jadikanlah sebagai saran kami untuk beramal shaleh dan mendekatkan diri kepada mu.

dan yang terakhir ucapkan sekian pidato dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan mungkin itu datangnya dari saya, dan apabila ada kelebihan itu datangnya dari Allah Saw.
Wabillahitaufik walhidayah
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

1 komentar:

Fajar Mukhlasin mengatakan...

Ada Kesalahan teks pidato di bagian penutup.
disana tertulis Allah Saw seharusnya Allah SWT.
Mohon dirubah. Terima kasih.

Poskan Komentar

 
Copyright © Hazrun nurjannah,,,, Blogger Theme by BloggerThemes & newwpthemes Sponsored by Internet Entrepreneur